FAQ CPNS KEMRISTEKDIKTI 2017

  1. Bagaimana cara login di portal mandiri CPNS Kemristekdikti?

Jawab:

Pelamar login menggunakan username dan password yang diperoleh saat pendaftaran di SSCN BKN.

 

  1. Jika pelamar mengalami kendala saat melakukan login, apa yang harus dilakukan?

Jawab:

Pastikan pelamar login dengan memasukkan username dan password yang benar. Jika masih mengalami kendala, kemungkinan data di SSCN belum tersinkronisasi dengan database portal mandiri CPNS Kemristekdikti. Pelamar dapat mencoba login kembali dalam waktu 1x12 jam atau 1x24 jam setelah memperoleh akun di SSCN BKN.

 

  1. Jika pelamar mengalami kendala saat melakukan login lebih dari 1x24 jam setelah mendaftar di SSCN BKN, apa yang harus dilakukan?

Jawab:

Silakan kontak helpdesk SSCN BKN untuk memastikan pelamar telah terdaftar. Jika ternyata pelamar sudah terdaftar, tetapi masih juga mengalami gagal login di portal mandiri CPNS Kemristekdikti, silakan kontak Call Center 1500661.

 

  1. Berapa banyak formasi yang bisa dipilih oleh pelamar?

Jawab:

Pelamar hanya boleh memilih 1 (satu) formasi dari keseluruhan formasi yang dibuka.

 

  1. Jika pelamar adalah lulusan luar negeri, apakah pelamar dapat mendaftar pada jenis formasi cumlaude?

Jawab:

Pelamar lulusan luar negeri mohon mendaftar pada jenis formasi umum.

 

  1. Apakah pelamar dapat memperbaiki data yang sudah disimpan?

Jawab:

Pelamar TIDAK DAPAT memperbaiki data yang sudah disimpan, harap BERHATI-HATI dan memeriksa kembali data yang anda masukkan.

 

  1. Apakah yang harus dilakukan jika pelamar gagal mengunggah pasfoto?

Jawab:

Pastikan ukuran file yang akan di upload tidak melebihi 500 KB per file, format file dalam .jpg atau .jpeg, dan nama file tidak ada spasi. Apabila tidak memenuhi ketentuan tersebut maka dengan otomatis file yang akan pelamar upload atau kirim akan gagal atau ditolak. Jika masih mengalami kendala, pelamar mencoba menggunakan browser lain.

 

  1. Jika pelamar sudah melakukan proses pengisian data tetapi tiba-tiba terjadi trouble sehingga laman tertutup, apakah data pelamar tersimpan secara otomatis ataukah pelamar harus mengisi ulang dari awal?

Jawab:

Pelamar dapat mengecek terlebih dahulu apakah data pendaftaran telah tersimpan atau belum. Apabila data pendaftaran pelamar belum tersimpan, proses pendaftaran online harus diulangi. Hak pelamar tidak akan hilang selama belum melakukan pendaftaran.

 

  1. Kapan pelamar dapat mencetak ‘Formulir Registrasi’ dan ‘Kartu Tanda Peserta Seleksi’?

Jawab:

Setelah pelamar menyelesaikan pengisian biodata dan meng-upload foto, maka pelamar dapat mencetak ‘Formulir Registrasi’ dan ‘Kartu Tanda Peserta Seleksi’.